Minggu, 30 November 2008

SOROGAN

Salah satu metode pembelajaran yang ada di pondok pesantren salafiyah adalah metode SOROGAN. Selain sorogan ada bandongan, wekton, dan klasikal.
Metode SOROGAN ini masih dianggap efektif dalam mendidik para murid, sebab dalam metode ini seorang guru bisa mengetahui sampai dimana kefahaman seorang murid terhadap materi yang telah disampaikan. Bahkan dengan metode SOROGAN ini bisa diketahui pemahaman murid dari berbagai aspek, segi nahwu sharafnya (gramatika), segi balaghahnya dan segi pemahaman isi materi yang dibacanya.
SOROGAN adalah metode pengajaran dengan cara murid yang aktif, yaitu murid menghadap guru / kiai satu persatu dengan membaca kitab / buku yang telah ditentukan. Bila ada bacaan yang salah atau pemaknaan dan pemahaman yang salah guru membetulkannya. Kalau dianggap perlu tidak ada yang salahpun guru menanyakan kepada murid. Umpamanya dengan pertanyaan mengapa engkau baca dhommah kok tidak dibaca fathah.
Dibawah ini video Aisyah santri dari Pacitan yang sedang SOROGAN kitab Sullam Safinah dihadapan K.M.Muslih Albaroni, Ponpes Hudatul Muna 2 Putri pada tahun 2006
video

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SIlahkan berkomentar dengan bebas, tapi jangan berbau sara, jangan menyakiti hati orang